September 15, 2012

PUNYA RUMAH - DONE

Sebelumnya pernah nulis kalau gw adalah orang yang sangat Realistis, tidak akan percaya kalau belum ada yag nyata, sangking realistinsnya bermimpi punya rumah tahun ini pun gw gk berani,. Beda hal dengan suami yang memang realistis tapi masih berani bermimpi. Gw dan suami punya cita2, ingin (harus) punya rumah dulu baru BERANI punya anak, iya gw gk mau anak gw besar dikontrakan. Terkesan sombong mungkin tapi sekali lagi inilah ke REALISTISan otak gw, dan memang sedang progam "pending" punya baby. Dan suami gw pun tau itu dan memang kita sudah sejalan dalam hal ini.

Di umur gw yang bulan depan sudah 26 tahun sudah tentu gw memikirkan punya baby kan, nah suatu malam ketika gw dan suami berbincang2 dikasur sambil cium2 lah ehhehe gw megutarakan kalau gw sudah pengen punya baby, tapi tetap  harus punya rumah dulu, Nah entah ini memang sudah jalannya dari Tuhan , besoknya gw dan endrat sibuk googling cari2 rumah yang kira2 sesuai budget. Padahal dititik ini kita gk punya uang. Ini cari2 rumahnya sekitar Mei kemarin. Kita cari2 di internet, brwosing sampai pegel, tanya kiri kanan. Pada dasarnya kita cari rumah maunya yg di cluster kecil, dengan harga 250jt untuk KPR, karena dengan peraturan yg mengharuskan DP rumah 20% duit kita "kira2" hanya cukup untuk plafon rumah segitu. Belum lagi mikirin kita akan cari rumah di DAERAH mana, gw kerja di Sudirman, Endrat di TMII (baru dapet kabar kalau taun depan kantornya dipindah ke Kebun jeruk). Kalau gw yang penting ada akses bus langsung kekantor, jauh pun tak masalah, karena memang jam kerja gw pasti 8 to 5, nah kalau Suami jam kerja nggak jelas begitu, namanya kerja di tv -__-.

Kita sudah cari sampai ke ciputat, dan menemukan 1 cluster yg PAS banget , posisinya dekat pasar ciputat dan cuma 10 mnt dari stasiun kereta sh, singkatnya udah di booking dengan fee 1jt, tapi 2 hari kemudian gw cancel setelah dikasi tau temen2 kalo jalur ciputat - Sudirman itu neraka banget dan akses sangat terbatas dan gk ada tol. Entah kenapa gw memang agak tidak "sreg" dengan rumah yang ini. Ya namanya cari rumah kan kayak cari jodoh juga, cocok2an. Harus dapat "feel" nya bukan sik?

Jadilah kita cari2 lagi, gw membatasi area pencarian tidak lagi Rumah dengan kode pos JAKARTA. Karena demi Tuha kita gk sanggup harganya, rumah kecil banget dihargai sangat tidak wajar. Ditengah keputusasaan gw dan syukurlah gw orangnya gk pernah bosen sama browsing. Tadinya tertarik sama cluster Antara  rumahnya mba Indah, temen kantor gw dulu. Lokasinya di Jatimakmur pondok gede jadi deket kekantor suami juga, tapi ternyata udah penuh dan harganya sekarang udah diatas 350 (makin pesimis gw). Pencarian by google gw lanjutkan daaaaan gw menemukan Cluster kecil yang isinya cuma 12 rumah di Jatiasih , namanya GRIYA FANIA, setelah baca2 spesifikasi , review dll gw langsung telpon angentnya dan ternyata rumahnya tinggal 1 (nyari rumah kok berasa kayak barang recehan ya tinggal 1).

Harga Jualnya 305 jt, tapi jadi 300jt, suami hari itu juga langung kesana ketemu agentnya. Lihat unitnya persisi seperti foto, dia bilang sreg, singkat cerita lagi
gw udah SREG sama rumah ini, walaupun blm melihat langsun,g entah kenapa. Puji Tuhan semua dilancarkan , dan 13 September kemarin kita sudah resmi akad kredit ke Bank DKI Syariah Bekasi krn bank ini rekanan developer.

 Berikut gw jabarkan alasan kenapa gw dan endrat memaksakan diri untuk mendapatkan rumah ini :

1. Lokasi Strategis, cuma 800 meter dari giant jati asih, dan 5 menit naik motor dari tol jati asih
2. Di depan Giant Jati Asih ada Pool Bus Patas 52 A yang rutenya Jatiasih - Tn, Abang dan kalau gw naik bus ini turunnya langsung didepan gedung kantor, indah bukan, sekali jalan ajaah ^_^
3. Harganya masih bisa kita jangkau dan lingkungannya tenang
4. Kualitas bangunannya baguuus dan tukangnya rapih banget
5. Gw mau segera punya baby (Amin ya Tuhan) mumpung masih "muda" dan kuat hehehhe

Walaupun dalam proses KPR kita sempat mau pingsan dengan biaya2 akad kredit dan pihak bank tiba2 meminta kita tambah DP 10jt , tapi akhirnya Tuhan yang berkuasa membuka jalan untuk semua. berikut akan gw share biaya2 untuk proses KPR ini, bukan mau pamer atau sombong tapi semoga bergubna kalau ada yg nyasar baca blog gw. Karena gw pun dapat info2 dari blog2 yang gw baca.

- Harga Jual Rumah 300jt
- DP standar pemerintah 20% = 60jt
- Pertimbanganda ri pihak bank kita dminta tambah DP 10 jt
- Total DP = 70jt
- Berarti jumlah utang ke Bank 230jt
- Biaya KPR (Akad Kredit, Notaris, Sertifikat, asuransi  dll) = 8% dari 230jt (jumlah utang) yang nominalnya bikin shock 18,5jt  *_*

Gw dan suami sempat frustasi dengan biaya2 ini, ternyata Campur tangan Tuhan luar biasa, lagi...lagi...dan lagi kita dipertemukan dengan orang2 yang luaaaarr biasa baik dan selalu membantu membuka jalan. Akhirnya gw berani posting blog ini, setelah akad kredit baru berani karena kalo kata orang Indo Pamali ya hehehehe

Rumah ini diprediksi akan selesai november, sesuai MIMPI gw (setelah punya rumah baru berani mimpi) hehehe, desember 2012 gw dan suami akan pasang pohon natal setinggi plafon rumah (bodooo amaat gw akan nekat beli, krn ini mimpi masa kecil gw) dan sudah pulang, tidur, dirumah sendiri, dan bahkan gw menangis pas suami bilang disaat pertama lihat cluster ini dia terbayang gendong2 anak pagi hari hahahaha , berarti emang udah jodohnya kali ya, eh tapi jangan cuma bayangin, bikin anak aja dulu yak hahahaha...

Terimakasih taaaak terhingga buat Tuhan Yesus yang sudah membuka jalan dan rejeki, dan buat Suami gw yang sangaaaat sabar dalam segala hal demi mendapatkan rumah ini.

Berikut penampakan rumah dan sekitarnya, masih on progress yak hehehe

No comments :