June 10, 2012

Susahnya BerTetangga

Selingan dulu curhat ini sebelum lanjutin review2 ke Bali. 
Berhubung kejadiannya masih fresh , sekitar 30 menit lalu dan berlangsung selagi gw utak-atik design Blog gw ini. Jadi gw dan suami kan sekarang masih ngontrak ni, nah kontrakan gw itu ada ditengah2, tetangga kiri gw itu Suami Istri 'kang jualan Chiense Food didepan Gang yg memang langganan kita , yg pergi siang pulang subuh, sebelah kanan gw gk tau itu siapa, tiba2 udah ngontrak disitu aja, punya anak kecil 2 dan emang pekerja juga pergi pagi pulang malem. Tetangga kiri kanan gw ini sih asik aja , walopun kita gk pernah ketemu, setidaknya kita juga gk pernah rese' satu sama lain, dan saling menjagalah kira2 ya.

Yang gw bilang susah adalah tetangga2 lain yang gk kerja apalagi ibu2 yg total ngurus rumah tangga, yg kerjanya saban hari cuma nongkrong dan sinisin orang kalau lewat. Gw sih salut sama profesi IRT tapiiii kebetulan tetangga2 gw ini modelnya emang "kampung" gitu dah. Oke2 skip ngejelasin ibu2 ini. Nah yg bikin gw kebelet posting ini adalah karena tiba2 Ibu2 (udah tua sih sekitar 50 lebih) yang jualan sayur disamping rumah dateng ketok2 pagar kontrakan. Yang bukain Endrat , secara gw pasti gelagapan kalo ada tamu (gk pernah pake Bra dirumah, nyesek book) hihhihihi. Trus suami suruh si ibu masuk (setelah gw pake bra dan pake baju - tadinya tank top doangan). 

Basa-basi dikit yg basi banget si Ibu ini memulai percakapan begini

Si Ibu : "Jadi begini Neng, Ibu ni mau minta tolong aja ke masnya nih, mau PINJEM DUIT 100rb AJA (pakai aja loh)"
Endrat : "Oh 100rb aja bu? buat apa bu?" 
Si Ibu : "Ini anu, maap ni ngerepotin, warung lagi sepi bangetm buat beli obat si Bapak, seminggu pas ibu balikin deh, beneran deh seminggu Pas dibalikin"
Endrat : "Wuk,pegang duit gk 100rb?"
Gw      :" Wah gk ada, kan ini akhir minggu, mana pegang duit" (padahal mah ada tuh didompet gw)
Endrat : "Aku juga gk ada, Ibu butuhnya sekarang?"
Si Ibu : "Ya kalau bisa sih sekarang Mas, kalau bisa sih ya, kalau ada"

Gw udah gregetan kalau sampai Endrat kasi,bukan gk mau nolong, gw jg tau suami ibu ini sakit dan cacat, tapi  karena kita udah bolak2 ditipu tetangga diutangin gk dibalikin malah diajakin berantem, dan bahkan ibu ini gk tau nama gw dan endrat, kita gk pernah ngobrol cuma sapa2 doang, gw juga belanja kewarungnya cuma 2 kali, beli tempe doang cuy.
Gw pandang2an sama Endrat. soalnya dia itu orangnya gk tegaan sama kayak gw , ini yg bikin kita berdua sering diisengin orang. Tapi sepertinya Endrat udah KAPOK hihihi dan terjadilah percakapan ini :

Endrat : "Jadi maaf ni bu, karena kita keamren baru dari luar kota, duitnya udah abis buat bulan ini juga udah mepet banget, jadi maaf ya bu gak bisa bantu"
Si Ibu : "Ya udah mas, maaf ngerepotin ya, saya jadi gk enak" (langsung berdiri angkat kaki pulang)

Setelah si Ibu pulang (tetep gw gk tanya kan namanya) , gw dan Endrat malah ketawa dan geleng2. Tarik nafas dalam2, dan kita berdua berkesimpulan kenapa tetangga2 ini selalu berusaha minjem duit ke kita, kira2 begini kesimpulannya :

1. Kita berdua  sama2 kerja
2. Kita berdua belum punya baby yg MUNGKIN menurut mereka2 belum ada tanggungan
3. Kita berdua sering / hampir tiap hari bawa pulang kantong belanjaan, ntah dari carefour atau alfamart
4. Endrat baru beli motor

Jadi kita berdua kembali pada prinsip "Ya sudahlah yang penting hidup bermasyarakat dilingkungan kontrakan begini, kita urus diri sendiri aja, gk usah pakai nongkrong2 dan ngobrol2 sama Orang2 yang memang "jahil" itu. Karena dari cerita2 yg gw dapet dari temen2 gw dan temen2 endrat yg udah pengalaman, kalau satu tetangga diladenin ngutang semua akan ikutan dan satu yg pasti, JANGAN HARAP DUIT LO BALIK, even itu cuma 10rb rupiah. 

Sekian dan Terimakasih



No comments :